Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan | Tips Kesehatan

Pada sebagian ibu hamil mungkin tidak sadar dengan usia kehamilan saat ini sebenarnya berapa minggu sih, atau masyarakat biasa menyebut usia kehamilan dalam versi bulannya saja agar mudah pengucapannya padahal belum memasuki bulan tersebut atau bahkan sudah lebih.

Untuk memeriksa usia kandungan ibu hamil ada cara untuk menghitung usia kehamilan dengan akurat menggunakan alat kalkulator kehamilan untuk meminimalisir biaya ke dokter, namun jika diperlukan ada baiknya kita serahkan pada ahlinya, periksa ke dokter kandungan atau bidan.

Mengetahui usia kehamilan penting, karena dengan mengetahui berapa minggu atau bulan usia kehamilan kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan pasti.

Manfaat mengetahui Usia kehamilan, yaitu:

  1. Mengetahui hari perkiraan lahir (HPL).
  2. Mempersiapkan keperluan bayi.
  3. Beraktifitas sesuai usia kehamilan yang diperbolehkan.
  4. Mengetahui dan dapat mencegah atau mengatasi ketidaknyamanan yang ibu rasakan saat hamil.

Lalu bagaimana cara menghitung usia kehamilan? Menghitung usia kehamilan ada beberapa cara yang bisa kita aplikasikan, ada dengan cara yang sangat praktis, namun ada juga yang harus menggunakan penghitungan manual. Mari kita coba semuanya.

Cara menghitung usia kandungan ibu hamil menggunakan kalkulator kehamilan:

1. Dengan Kalkulator Kehamilan

KALKULATOR KEHAMILAN

Di zaman serba praktis ini kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari internet, developer pembuat aplikasi juga tidak kalah gesit membuat karya untuk memudahkan pengguna internet. Kita dapat dengan mudah mencari apa yang kita cari, contohnya : Kalkulator kehamilan. Cara penghitungan dan tampilan designnya mungkin tidak akan sama, ada yang polos seperti gambar diatas ada pula yang berkelap kelip, namun intinya kita harus memasukan tanggal-bulan-tahun HPHT (hari pertama haid terakhir).

2. Dengan Menghitung Manual Menggunakan Rumus 4 1/3

Rumus 4 1/3  ini gampang-gampang susah diaplikasikan, namun hasilnya cukup akurat asalkan anda mengingat HPHTnya, sebab penghitungan ini menggunakan HPHT dan tanggal kunjungan pemeriksaan atau tanggal hari ini anda menghitung usia kehamilan. Mari simak contoh kasus dibawah ini:

Sekarang tanggal 29 November 2017 (29-11-2017)

HPHT 15 Juli 2017 (15-7-2017)

Maka :

  • (tanggal-tanggal),(bulan-bulan) x 4 1/3
  • (29-15) (11-7) x 4 1/3
  • 14 hari 4 bulan x 4 1/3

Kemudian yang dikalikan hanya bulannya saja menjadi : 4 x 4 1/3

  • (4 x 4)+(4 x 1/3)
  • 16 + 1.3
  • 17.3 minggu

Ditambahkan dengan 14 hari dalam minggu berarti 2 minggu

Maka usia kehamilannya 17.3+2= 19.3 minggu, hampir 20 minggu.

3. Dengan Kalender kehamilan

Dunia Bidan

Sangat praktis sekali menggunakan kalender kehamilan ini, caranya hanya diputar-putar saja. Disana terdapat panah "menstruasi terakhir" itu sama dengan HPHT yaa hari pertama haid terakhir, artinya pas hari pertama anda mendapat kotoran. Cara menggunakan kalender kehamilan, sebagai berikut:

  • Panah di lingkaran kecil tersebut kemudian anda arahkan saja ke tanggal dan bulan yang ada di lingkaran besar sesuai tanggal anda mendapat menstruasi terakhir.
  • Kemudian bagaimana cara mengetahui usia kehamilan itu? Setelah anda mengarahkan panah menstruasi terakhir ke bagian lingkaran besar, lalu anda lihat sekarang tanggal berapa hasilnya adalah angka yang berwarna merah di dalam lingkaran kecil.

Contoh membaca usia kehamilan dari gambar kalender kehamilan diatas:

  • Diketahui menstruasi terakhirnya itu tanggal 25 april 2017
  • Hari ini tanggal 5 Desember 2017, berarti usia kehamilan anda saat ini 32 minggu.

Kalender kehamilan banyak dijual di apotek atau toko alat kesehatan, di lapak online juga sekarang banyak menjual barang serupa jika anda kesulitan mendapatkan alat ini di apotek dekat rumah.

Kabar baiknya TipsKesehatan.org menyediakan fasilitas kalender kehamilan online! Anda dapat mengunjugi tautan berikut ini: Kalkulator/Kalender Kehamilan

4. Dengan pemeriksaan Tinggi Fundus Uteri

TipsKesehatan.org

Pemeriksaan tinggi fundus uteri (TFU) adalah sebagian cara lain untuk menentukan usia kehamilan, pemeriksaan ini hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli karena harus mengetahui cara dan batas pengukuran, serta memahami letak tinggi fundus uteri/TFU (puncak tertinggi rahim) bila dikaitkan dengan kehamilan. 

Artikel terkait Cara Menghitung Usia Kehamilan

  • Efek Samping Kehamilan Ektopik

    Efek Samping Kehamilan Ektopik

    Wanita yang pernah atau sedang mengalami hamil diluar kandungan (kehamilan ektopik) banyak yang khawatir dan takut jika kejadian buruk akan...

  • Tanda Janin Tidak Berkembang

    Tanda Janin Tidak Berkembang

    Apa sih tanda janin tidak berkembang itu? Apakah akan membahayakan ibu dan janin dalam kandungan? Simak penjelasan mengenain tanda gejala...

  • Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)

    Usia kehamilan 4 bulan (16 minggu) merupakan moment spesial bagi ibu hamil. Sebab, janin yang ada didalam rahim kini memiliki...

  • Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu)

    Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu)

    Saat perkembangan janin 5 bulan, janin membutuhkan darah yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya, karena darah di dalam tubuh ibu hamil...

  • Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Mobil

    Tips Ibu Hamil Bepergian Mudik Dengan Mobil

    Tips ibu hamil bepergian mudik dengan mobil mungkin lebih nyaman daripada menggunakan transportasi umum, karena lebih bebas mengatur keberangkatan dan...

Cara Menghitung Usia Kehamilan by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Menghitung Usia Kehamilan via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status