Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

  • 535
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Mengetahui masa subur penting bagi wanita, sebab kita dapat mengatur jarak kehamilan, meyegerakan kehamilan, dan menjadikan masa subur tersebut sebagai metode kontrasepsi alami yang tentunya baru bisa ditegakkan setelah mengetahui kapan waktunya masa subur tiba.

Bagaimana cara mengetahui masa subur seorang wanita?

Cara mengetahui masa subur wanita adalah pertama dengan melakukan pegnhitungan ilmiah dari siklus menstruasi wanita, dan yang kedua dengan pengukuran suhu tubuh dan lendir serviks.

Setelah mengetahui manfaat masa subur wanita, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara menghitung masa subur wanita mudah dan akurat. Terdapat 3 cara untuk mengetahui dan menentukan masa subur yaitu, Perubahan Periode Menstruasi, Perubahan Lendir Servik, Perubahan Suhu Tubuh.

1. Menghitung masa subur wanita dengan siklus menstruasi

Hal yang perlu diperhatikan : Catat siklus mesntruasi anda dengan jangka waktu 6 bulan. Agar tidak menjadi beban karena lebih sering lupa daripada ingatnya, dapat disiasati dengan membiasakan diri dari mulai sekarang untuk mencatat hari pertama anda mendapatkan menstruasi dan kapan menstruasi selesai kemudian tandai pada kalender. Lakukan secara continue setiap bulan agar menjadi kebiasaan baik.

Cara menghitung masa subur wanita dengan siklus menstruasi:

  • Misalkan siklus terpedek: 28 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 10. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
  • Misalkan siklus terpanjang 30 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 19. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur
  • Dengan demikian jika siklus Anda rata-rata adalah 27–30 hari, maka Anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga 19

2. Mengetahui masa subur wanita dengan suhu tubuh

Suhu tubuh normal wanita dewasa adalah 35,5–36 derajat celcius. Sedangkan pada masa ovulasi, suhu tubuh wanita bisa naik 0.5-1 derajat celcius dikarenakan hormon progesteron telah terbentuk. Hormon progesteron bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang dibuahi.

Agar hasil pengukurannya akurat menunjukan masa subur, kamu harus mencatat setiap hari selama 3 bulan pada jam yang sama.Pastikan kenaikan dan penurunan suhu yang kamu alami bukan diakibatkan karena mengalami demam, tidur di bawah cahaya yang membuat tubuh hangat, dan tidur menggunakan pendingin ruangan. 

3. Mengetahui masa subur wanita dengan lendir serviks

Mulut rahim (Serviks) memproduksi lendir setiap saat, pada masa menstruasi, setelah menstruasi, dan pada saat mendekati masa subur (ovulasi). Konsistensi lendir tersebut berbeda-beda pada setiap siklus. Hal ini menjadi penting bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan. Dengan mencatat kondiri serviks merupakan cara terbaik untuk mengetahui kapan tiba masa subur tersebut.

Berikut rangkuman kondisi lendir serviks untuk mengetahui waktu masa subur:

  • Lendir yang tebal dan kering, biasanya muncul pada akhir masa haid. Jika menemukan cairan ini, berarti Anda sedang tidak subur.

  • Cairan seperti krim dan lengket, Meski lendir dengan tekstur seperti ini biasa muncul saat mendekati masa ovulasi, namun Anda belum memasuki masa subur jika masih mengeluarkan cairan dengan bentuk seperti krim dan lengket.

  • Cairan berwarna keputihan, Lendir ini biasanya muncul di hari pertama masa subur Anda. Jika seorang wanita mengeluarkan cairan sekresi seperti ini, dia dianggap memasuki masa setengah subur.

  • Cairan bening dan lentur, Bila seorang wanita mengeluarkan lendir dengan teskstur bening dan lentur, berarti dirinya sedang sangat subur. Sehingga sangat dianjurkan untuk berhubungan dalam masa ini.

Mungkin cara ini dianggap menjijikkan karena harus berhubungan dengan cairan sekresi, sehingga sebagian wanita lebih memilih cara lain atau pergi ke dokter untuk mengetahui masa subur. Tapi tidak ada salahnya dicoba. Selain lebih murah, juga mudah untuk Anda lakukan di rumah.

Selamat mencoba ketiga metode mengetahui masa subur diatas, semoga program hamil yang kamu lakukan membuahkan hasil. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin E dan pastikan kondisi tubuh suami istri sedang fit.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Temukan informasi dan tips seputar Cara Menghitung Masa Subur Wanita melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Cara Menghitung Masa Subur Wanita

  • Khasiat Tanaman Obat Brotowali

    Khasiat Tanaman Obat Brotowali

    Khasiat tanaman obat brotowali, rasanya yang terkenal pahit ternyata banyak sekali manfaat yang tersimpan didalamnya seperti obat rematik, mengurangi gula...

  • Apa Itu Hpht Dan Cara Menghitung Hpht

    Apa Itu Hpht Dan Cara Menghitung Hpht

    Apa Itu HPHT? Bagaimana Menghitung HPHT? HPHT adalah (Hari Pertama Haid Terakhir), cara menghitung HPHT mudah banget. Simak penjelasannya berikut...

  • Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Macam Kelainan Pada Menstruasi

    Terdapat beberapa macam kelainan pada mestruasi seperti dismenorea, amenorea, oligomenorea, polimenorea, hipomenorea, hipermenorea, menorraghia, metrorraghia, PMS (Pra Menstrual Syndrom).

  • Cara Menggosok Atau Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar

    Cara Menggosok Atau Menyikat Gigi Yang Baik Dan Benar

    Simak cara menggosok atau menyikat gigi yang baik dan benar. Kebanyakan orang menggosok gigi dengan arah horizontal atau menyamping dengan...

  • Apa Itu Posyandu

    Apa Itu Posyandu

    Apa itu posyandu? Posyandu merupakan singkatan dari Pos pelayanan terpadu, biasanya 1 RW memiliki 1 Posyandu, petugasnya terdiri dari 5...

DMCA.com Protection Status