Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat | Tips Kesehatan

Selulit adalah kondisi kulit bergelombang dan tidak rata yang disebabkan oleh perubahan bentuk tubuh yang terjadi begitu cepat dengan alasan apapun, bukan karena tumpukan lemak semata namun jaringan kolagen dan elastin pada kulit tidak dapat mengimbangi peregangan kulit tersebut, sehingga menimbulkan tanda khas pada kulit, yaitu garis panjang, tipis, dan bergelombang, yang disebut striae.

Cara Menghilangkan Selulit (Obat-obatan)

Selulit dapat dihilangkan dengan menggunakan obat-obatan. Obat penghilang selulit yang dapat digunakan berupa krim oles (topikal), antara lain sebagai berikut:

1. Krim Kulit yang Mengandung Kafein

Menggunakan krim kulit yang mengandung kafein dianggap dapat membantu menghilangkan selulit. Pasalnya, kafein dapat membantu menghidrasi sel-sel kulit. Kondisi ini lantas dapat membuat kulit jadi terlihat lebih halus.

2. Krim Kulit yang Mengandung Retinol

Selain krim kulit yang mengandung kafein, krim kulit dengan kandungan retinol juga dipercaya efektif dalam menghilangkan selulit. Retinol dapat meningkatkan ketebalan kulit. Dengan demikian, gelombang dan lesung pada selulit bisa tertutupi. Durasi penggunaan obat selulit yang satu ini berbeda-beda, tergantung dari kondisi kulit Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat retinol.

3. Krim Kulit yang Mengandung Tretinoin

yaitu krim yang mengandung retinoid, yang merupakan vitamin A. Retinoid meningkatkan produksi kolagen. Krim ini dapat membantu memudarkan selulit, tetapi krim ini dapat menyebabkan kulit teriritasi atau bersisik yang ditandai dengan kemerahan pada kulit.

4. Penguat kolagen

Seperti ekstrak biji lupin dapat meningkatkan jumlah kolagen di kulit, tetapi belum ada cukup bukti untuk mengatakan apakah dapat memudarkan atau mencegah selulit.

5. Centella asiatica

Merupakan minyak herbal yang dapat meningkatkan sel-sel dalam tubuh yang dapat membuat kolagen dan membangun kembali jaringan kulit. Centella asiatica terdapat di sejumlah krim kulit tanpa resep untuk selulit, tetapi ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa minyak ini dapat membantu memudarkan selulit.

Cara Menghilangkan Selulit (Alami)

Selain dengan obat- obatan, selulit juga dapat dihilangkan dengan cara-cara alami. Bagaimana cara menghilangkan selulit secara alami? Simak penjelasannya!

1. Pijat

Salah satu cara menghilangkan selulit secara alami yang cukup menjanjikan adalah pijat. Anda dapat melakukannya secara mandiri maupun dengan bantuin terapis pijat profesional. Pijat dapat mengurangi selulit dengan meningkatkan drainase limfatik. Ini juga dapat membantu meregangkan jaringan kulit dan lesung selulit. Perlu diketahui, Anda perlu mengulangi cara ini secara konsisten untuk mencapai dan mempertahankan hasil yang Anda inginkan.

2. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan juga dapat membantu beberapa orang yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) untuk mengurangi selulit. Pasalnya, kehilangan lemak tubuh berlebih memang secara alami dapat mengurangi kemunculan selulit.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih yang banyak adalah cara menghilangkan selulit yang bisa dibilang ‘murah meriah’. Ya, percaya tidak percaya, asupan air putih yang mencukupi dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi sekaligus mendorong sirkulasi dan aliran limfatik. Hal ini akan secara alami dapat menghilangkan selulit yang mengganggu.

4. Olahraga

Berolahraga dapat mengencangkan otot-otot kulit sehingga kulit jadi tampak lebih halus. Beberapa macam aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Squat jump
  • Bersepeda
  • Berlari
  • Renang

Konsultasikan dengan dokter mengenai cara melakukan olahraga yang benar guna membantu menghilangkan selulit pada kulit Anda.

5. Sikat Kulit

Dengan cara menyikat area kulit yang terdapat selulit menggunakan sikat lembut dapat merangsang drainase limfatik. Dengan begitu, racun yang menumpuk di lapisan lemak akan menghilang. Sebagai informasi, penumpukan racun pada lapisan lemak bisa memicu terjadinya peradangan (inflamasi) yang pada akhirnya menimbulkan selulit.  

Dalam menghilangkan selulit, ada pula sejumlah terapi medis yang bisa dilakukan. Akan tetapi, efektivitas terapi-terapi tersebut berbeda satu sama lain, pun frekuensi yang dibutuhkan hingga hasilnya benar-benar terlihat. Apa saja macam-macam terapi medis penghilang selulit yang dimaksud? Silahkan konsultasikan kepada dokter kulit Anda, karena penanganan dengan terpai medis membutuhkan tenaga ahli dibidangnya.

 

Artikel terkait Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat

  • Tips Sederhana Agar Wajah Bersih Bersinar

    Tips Sederhana Agar Wajah Bersih Bersinar

    Kecantikan kulit wajah bersih bersinar mungkin terkadang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, tapi tips cara sederhana ini dapat anda...

  • Penyebab Jerawat pada Wajah

    Penyebab Jerawat pada Wajah

    Jerawat sering mengganggu penampilan terutama ketika muncul pada wajah sering membuat anda merasa nyeri sekitar wajah serta memberikan bekas yang...

  • Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare

    Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare

    Perbedaan AHA, BHA, dan PHA, merupakan tiga jenis asam hidroksi (hydroxy acids) yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan, perawatan...

  • 7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

    7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

    Banyak sekali Jenis jerawat yang sering muncul pada wajah, seperti : Blackhead, Whitehead, Papula, Pustula, Cystic /Kistik, Nodul, dan Hormonal....

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status