Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar

Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar | Tips Kesehatan

Kepala bayi peyang atau flat head syndrom merupakan kondisi dimana bentuk kepala bayi tidak simetris, dikarenakan tulang tengkorak bayi masih lentur dan terjadi penekanan pada satu atau 2 sisi. Tenang saja, meski kepala bayi peyang namun tidak akan menghambat perkembangan otaknya, hanya saja sebagian orangtua merasakan kekhawatiran karena mengurangi estetika apabila dika dilihat dari atas atau samping.

Pesatnya perkembangan otak tidak ditentukan oleh bentuk kepala namun asupan makanan yang bergizi serta stimulasi dan kasih sayang orang tua dapat mencerdaskan otak sikecil.

Pada dasarnya perawatan kepala bayi peyang, atau dalam istilah medis disebut Plagiocephaly dilakukan tergantung pada kondisi anak dan penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bentuk kepala anak, di antaranya:

Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang /Datar

1. Berlatih Tengkurap

Cara yang paling mudah adalah dengan melatih anak tengkurap, karena teknik ini dapat membantu pembentukan normal kepala. Ingat  untuk melakukan ini pada kasur atau alas yang empuk. Saat melakukan hal ini jangan meninggalkan bayi tanpa pengawasan—terutama jika anak belum mampu mengangkat kepalanya sendiri—karena bisa meningkatkan risiko sudden infant death syndrome (SIDS) yaitu kematian mendadak pada anak.

Jika anak belum bisa tengkurap atau leher belum kuat, Anda bisa melatihnya tengkurap di atas dada lebih dulu. Cara ini juga dapat membantu memperkuat otot leher dan mengembangkan otot yang dibutuhkan untuk merangkak serta duduk. 

2. Menggendong Bayi Lebih Sering

Batasi waktu bayi untuk berbaring telentang atau dengan kepala bersandar pada permukaan datar. Sering-seringlah mengangkat dan menggendong bayi, karena hal itu akan mengurangi tekanan di kepalanya.

3. Sering Mengubah Posisi Kepala

Letakkan sisi kepala yang bulat menyentuh kasur dan sisi yang rata menghadap ke atas. Hindari menggunakan bantal wedge atau perangkat lain yang membuat bayi hanya dalam satu posisi.

Kemudian, saat Anda sedang menyusui dan menggendongnya cobalah untuk menciptakan berbagai posisi yang berbeda, misalnya di kursi miring. Usahakan untuk meminimalkan waktu di car seat atau stroller dengan posisi tidur terus menerus.

4.Baby Helmet Therapy

Helm khusus untuk bayi ini dibuat untuk membantu membentuk tengkorak menjadi bentuk simetris. Menurut American Association of Neurological Surgeons, usia optimal terapi helm ini adalah 3 hingga 6 bulan. Terapi ini biasanya digunakan pada kasus yang sedang hingga parah. Diskusikan manfaat dan risiko metode ini dengan dokter sebelum melakukan perawatan.

5. Operasi

Pembedahan biasanya tidak diperlukan dalam kasus kepala peyang yang ringan. Prosedur ini diperlukan dalam kasus congenital plagiocephaly atau craniosynostosis, yaitu kondisi cacat lahir ketika ubun-ubun menutup lebih cepat. Hal ini membuat kepala bayi berkembang dengan tidak normal dan menyebabkan bentuk kepala bayi tampak tidak sempurna.

Kepala bayi peyang bukanlah hal yang harus terlalu dikhawatirkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengonsultasikan kondisi ini ke dokter anak, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perlu atau tidaknya perawatan untuk buah hati Anda.

Artikel terkait Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar

Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang / Datar via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status