Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Mengatasi GTM pada Bayi

Cara Mengatasi GTM pada Bayi | Tips Kesehatan

GTM adalah singkatan dari gerakan tutup mulut atau sering disebut Picky eater. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak sejak memulai MP-ASI usia 6 bulan.

Jika anak GTM tidak segera ditangani tidak menutup kemungkinan untuk bisa berlanjut hingga dewasa menjadi pemilih makanan. Apabila anak mengalami GTM berlangsung lama dan terus menerus bisa berdampak negatif karena kurang asupan nutrisi.

Dampak tersebut bisa menurunkan status gizi, kualitas kesehatan, dan kualitas tumbuh kembangnya. Anak yang terus melancarkan aksi GTM bisa mengalami kurus, kurang gizi, rentan sakit, stunted, bahkan menurunkan kemampuan kognitifnya.

Cara Mengatasi GTM pada Bayi

Bayi GTM itu jangan dibiarkan ya Moms. Inilah beberapa cara mengatasi anak GTM yang bisa dilakukan:

1. Mengatur Waktu Makan

Aturlah jarak makan secara tepat. Upayakan untuk tidak memberikan ASI atau susu atau cemilan mendekati waktu makan pagi, siang, dan sorenya.

2. Mengatasi Masalah Bayi

Cara mengatasi anak GTM yang sedang tidak nyaman karena hal tertentu adalah dengan mencarikan solusi untuk masalah tersebut. Contohnya, jika bayi GTM karena popoknya penuh urine, maka gantikan segera dengan popok yang baru.

3. Menyiapkan Makanan Bayi secara Menarik dan Cermat

Jika anak sedang mengalami GTM, siapkanlah makanan secara menarik, bisa dibentuk jadi karakter atau ikuti tekstur makanan kesukaan dia. Jangan terlalu dipaksakan harus mengikuti aturan tekstur, misalnya memberikan makanan padat untuk bayi diatas usia 9 bulan.

Selain itu, penying untuk mencicipi terlebih dahulu rasa dan suhunya agar bayi tidak terganggu. Perhatikan pula, jika ada partikel keras yang bisa mengganggunya.

4. Bersabar

Berbagai upaya apa pun bisa gagal jika Anda tidak memiliki kesabaran dalam memberi makan bayi. Oleh karena itu, memiliki kesabaran juga termasuk cara mengatasi anak GTM.

Itulah beberapa informasi penting terkait GTM bayi. Kini, Anda telah mengetahui cara mengatasi gerakan tutup mulut bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan si kecil!

Artikel terkait Cara Mengatasi GTM pada Bayi

  • Cara Merawat Mulut dan Gigi Anak Bayi Usia 0-24 Bulan

    Cara Merawat Mulut dan Gigi Anak Bayi Usia 0-24 Bulan

    sikatlah gigi anak sebanyak 2 kali dalam sehari, periksakan gigi anak anda ke dokter gigi, setelah 6 bulan sejak gigi...

  • Posisi Perlekatan Menyusui Bayi yang Benar

    Posisi Perlekatan Menyusui Bayi yang Benar

    Proses menyusui tidak akan berhasil jika ibu tidak mengetahui posisi perlekatan saat menyusui antara put!ng dan mulut bayi yang baik...

  • Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh

    Gejala yang Perlu Diwaspadai Saat Bayi Gumoh

    Meski umumnya gumoh tergolong normal, namun patut diwaspadai jika bayi sering gumoh dengan disertai dengan rewel, perut kembung, muntah menyembur....

  • Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu yang Benar

    Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu yang Benar

    Apakah anda pernah menemui kondisi bayi yang gumoh atau muntah selesai menyusu? Hal tersebut terjadi karena bayi tidak segera disendawakan....

  • Manfaat Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

    Manfaat Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

    Inisiasi menyusu dini (IMD) mempunyai manfaat tak hanya baik untuk bayi namun juga baik untuk ibu. Membantu rahim berkontraksi sehingga...

Cara Mengatasi GTM pada Bayi by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Mengatasi GTM pada Bayi via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status