Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur | Tips Kesehatan

Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan masalah pada otot kaki ini. Namun beberapa kemungkinan penyebab ini yang dapat memunculkan rasa kram pada kaki saat tidur, di antaranya: Kelelahan Otot, Minimnya Aktivitas di Siang Hari, Usia, Dehidrasi dan Efek samping mengkonsumsi obat-obatan.

Cara Mengatasi Kram Kaki saat Tidur

Beberapa perawatan rumahan bisa dilakukan saat kram menyerang kaki Anda, di antaranya:

  • Meregangkan otot
  • Bangun dari tempat tidur dan berdirilah dengan kaki rata di lantai, kemudian tekan lantai dengan kuat
  • Memijat area yang kram dengan tangan
  • Melenturkan kaki
  • Pegang jari-jari kaki dan tarik ke arah Anda
  • Kompres dengan es batu
  • Mandi air hangat

Penting untuk diketahui, Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen atau aspirin tidak akan membantu meredakan kram karena kondisi ini tidak berhubungan dengan peradangan.

Obat antiinflamasi tersebut dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat kram, tetapi tidak akan meredakan kram. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk membahas obat-obatan di atas dan kemungkinan efek samping yang ditimbulkannya.

Cara Mencegah Terjadi Kaki Kram saat Tidur

Mencegah kaki kram dalam jangka panjang mungkin merupakan pilihan terbaik bagi sebagian orang. Berikut adalah beberapa upaya pencegahan secara umum yang bisa dilakukan:

Olahraga Ringan

Pada beberapa kasus, olahraga ringan di penghujung hari efektif untuk mengurangi kram. Misalnya, berjalan kaki atau menghabiskan beberapa menit dengan sepeda statis sebelum tidur adalah aktivitas yang baik untuk dilakukan.

Mengganti Sepatu

Beberapa orang mungkin merasa kram berkurang saat mereka memakai sepatu yang lebih suportif. Konsultasi dengan dokter Spesialis Penyakit Kaki diperlukan jika Anda tidak yakin apakah sepatu yang digunakan menjadi penyebab kram.

Minum Banyak Air

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat mencegah kram karena air putih dapat menjaga otot tetap berfungsi dengan baik. Pada umumnya, setiap orang dewasa dianjurkan mengonsumsi air kurang lebih 2 liter per hari.

Artikel terkait Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

  • Gejala dan Penyebab Osteoporosis

    Gejala dan Penyebab Osteoporosis

    Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi keropos dan lemah. Gejala Osteoporosis : Nyeri Punggung, tubuh membungkuk,...

  • Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Penyakit Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan asam pada lambung sehingga terjadi luka iritasi atau peradangan pada lambung....

  • Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengolahnya

    Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengolahnya

    Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengolahnya beragam, ada yang langsung dikunyah, ada juga dengan cara direbus lalu airnya diminum. Simak...

  • Perbedaan Penyebab Asma dan Bronkitis

    Perbedaan Penyebab Asma dan Bronkitis

    Penyakit Asma dan Bronkitis meskipun sama-sama jenis gangguan pernapasan, namun Gejala serta penyebabnya berbeda loh, dan berbeda pula penanganannya. Setelah...

  • Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

    Apa saja manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan? di dalam madu terkandung fruktosa, glukosa, sukrosa, maltosa, air yang bermanfaat bagi...

Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status