Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir Yang Benar

  • 2K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir Yang Benar yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Pemijatan mata bayi baru lahir dilakukan sebagai upaya pencegahan agar mata bayi tidak mengalami "Belekan". Belekan meupakan istilah menumpuknya kotoran pada sekitar mata bayi baru lahir akibat dari masih tertutupnya saluran air mata bayi baru lahir. 

Umumnya bayi baru lahir mengeluarkan air mata, ajaib nya air mata bayi baru lahir dapat membunuh kuman pada area mata bayi, namun pembunuhan kuman tersebut hanya berlangsung beberapa menit saja. Setelah itu fungsinya tak seajaib semula, air mata yang menggenang jika tidak segera dibersihkan malah akan mengundang kuman-kuman yang lalu menimbulkan tahi mata atau disebut dengan "Belekan". Oleh karena itu perlu dilakukan pemijatan mata oleh Bunda.

Langkah pemijatan mata bayi baru lahir :

  • Cuci tangan menggunakan air dan sabun.
  • Pijat area mata dengan menggunakan jari yang tidak berkuku panjang atau cotton buds yang dibasahi air matang.
  • Pijat dengan lembut dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung seperti gambar diatas, selama 5-10 kali.
  • Lakukan kurang lebih selama 2 minggu, karena setelah itu umumnya saluran air mata telah terbuka tetap dan berfungsi.

Penting! Untuk membersihkan tahi mata, gunakan kapas steril yang dibasahi air matang. Selalu gunakan satu kapas steril untuk untuk sekali mengusap mata.

Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir Yang Benar

Temukan informasi dan tips seputar Cara Memijat Mata Bayi Baru Lahir Yang Benar melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status