Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Memakai Kondom Wanita

Cara Memakai Kondom Wanita | Tips Kesehatan

Kondom wanita adalah kondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan yang berbentuk tabung silinder yang dimasukkan ke dalam alat kelamin prempuan. 

Kondom wanita berfungsi sama seperti kondom pria yaitu untuk mencegah kehamilan dan mengurangi resiko penyakit menular seksual. Kondom khusus kaum perempuan tersebut memiliki dua ujung di mana ujung yang satu yang dimasukkan ke arah rahim tertutup dengan busa untuk menyerap sperma dan ujung yang lain ke arah luar terbuka.

Efektivitas kondom adalah 95%  Artinya, 5 dari 100 wanita pemakainya bisa hamil. Meski demikian, menurut data dari Planned Parenthood, karena penggunaan yang tidak sempurna maka efektivitasnya di lapangan hanya 79%. 

Bahan kondom wanita berbeda dengan kondom pria, kalau kondom pria berbahan latex, kondom wanita biasanya berbahan nitrile dengan dua buah cincin pada masing-masing ujungnya yang berfungsi sebagai rangka. Lebih mudah dipasangkan oleh dirinya sendiri. Aman digunakan jika pasangannya punya kulit sensitif. 

Cara kerja kondom wanita sama dengan cara kondom lelaki, yaitu mencegah sperma masuk ke dalam rahim. Manfaat, keterbatasan maupun efek samping yang ditimbulkan kondom wanita, hampir sama dengan kondom lelaki. Tingkat efektifitas kondom wanita akan tinggi, apabila cara menggunakannya benar. Namun, hati-hati dalam pemakaian karena bisa saja kondom wanita robek. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memasang kondom dengan benar.

Adapun cara pemakaian kondom wanita (Lihat gambar dibawah) dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

tipskesehatan.org

Cara pemakaian kondom wanita

  1. Buka kemasan kondom secara hati-hati dari tepi, dan arah robekan ke arah tengah. Jangan menggunakan gigi atau benda tajam saat membuka kemasan. Karena dapat menimbulkan robek pada kondom
  2. Sebelum hubungan seksual, perhatikan kondom wanita. Kondom wanita punya ring yang lebar (outer ring) untuk bagian luar dan ring yang kecil (inner ring) untuk bagian dalam.
  3. Ujung yang tertutup di bentuk lonjong pipih atau bisa juga angka delapan dengan salah satu jari-jari tangan. Pegang inner ring kondom, lalu tekan dengan ibu jari pada sisi ring, dan dengan jari lain pada sisi yang berseberangan, kemudian tekan sehingga sisi ring yang berseberangan akan bersentuhan dan bentuk inner ring menjadi lonjong.
  4. Atur posisi yang nyaman. Posisi dapat dilakukan secara berdiri satu kaki di atas kursi, jongkok maupun berbaring.
  5. Masukkan inner ring ke dalam vagina dengan hati-hati. 
  6. Tangan yang lain membuka bibir vagina dan yang memegang ujung kondom yang tertutup memasukkan ke dalam lubang kemaluan. Setelah cincin masuk ke dalam vagina, tangan yang satu memasukkan jari ke dalam kondom untuk mendorong agar inner ring kondom bisa masuk seluruhnya. Usahakan cincin yang di dalam menghadap langsung ke arah mulut rahim.
  7. Pastikan kondom jangan sampai berputar, dan outer ring (ring yang besar) tetap berada di luar. Rapihkan cincin bagian luar yang terbuka di bibir vagina. Kondom siap dipakai untuk berhubungan badan suami istri
  8. Pada saat melakukan hubungan seksual, berikan sedikit minyak pelicin pada penis atau bagian dalam kondom. Bantu penis masuk ke dalam kondom agar letak kondom tidak berubah-ubah acak.
  9. Pasca Coitus, untuk melepasnya tinggal dicabut pelan-pelan dengan cara memutar bagian outer ring dan lapisan bagian cincin yang luar ditekan agar air mani tidak berantakan kemana-mana. Lalu keluarkan kondom secara hati-hati.
  10. Buang kondom bekas pakai ke tempat yang aman (tempat sampah). Jangan buang di toilet.

Di Indonesia masih sulit menemukan kondom wanita, berbeda dengan kondom pria yang mudah ditemukan bahkan di minimarket sudah tersedia. Selain mudah ditemukan, kondom pria lebih unggul karena memiliki banyak variasi dalam hal bentuk, tekstur, serta aroma, sehingga seks jadi makin berwarna.

Sebetulnya, baik kondom pria maupun kondom wanita mempunyai kekurangan dan kelebihannya tersendiri, yang juga bergantung pada selera pengguna.

Artikel terkait Cara Memakai Kondom Wanita

Cara Memakai Kondom Wanita by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Memakai Kondom Wanita via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status