Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Cara Alami Mengobati Bau Keputihan

Cara Alami Mengobati Bau Keputihan | Tips Kesehatan

Selain menjadi sebuah ancaman bagi wanita, keputihan juga menimbulkan beberapa masalah seperti misalnya bau yang tidak sedap. Bau yang terjadi pada vagina tentunya dapat disebabkan oleh beberapa faktor, tidak terkecualli keputihan yang cukup parah. Tentunya, terdapat beberapa gangguan dan juga masalah kesehatan yang terjadi pada daerah kewanitaan. Jika bau yang terjadi pada vagina sangat menyengat dan juga tidak sedap, tentunya wajib untuk mencari cara untuk menghilangkan bau tidak sedap secara alami agar tidak menimbulkan efek serius.

Cara membersihkan alat reproduksi wanita memang terbilang susah susah gampang. Hal ini dikarenakan organ intim wanita memang sangat rentan terserang infeksi jamur ataupun virus. Jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik, tentu akan memberikan dampak yang cukup buruk bagi kesehatan organ reproduksi Anda. 

Cara Alami Mengobati Bau Keputihan

Cara untuk membersihkan vagina tentunya bisa juga dengan cara yang alami dimana menjadi cara yang paling aman untuk dilakukan. Berikut ini kami sajikan cara membersihkan vagina secara alami yang bisa Anda lakukan sekarang juga!

1. Bawang Putih

Tak disangka ternyata bawang putih memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk membersihkan vagina. Cara yang dapat Anda lakukan sebagai berikut :

  • Sediakan satu siung bawang putih yang segar dan dikupas terlebih dahulu.
  • Kemudian, gunakan kain katun tipis sebagai pembungkusnya.
  • Jangan lupa untuk memasang tali kecil pada bawang putih yang telah dibalut dengan kain.
  • Kemudian, lanjutkan dengan memasukkan ke dalam vagina dan tinggalkan semalaman.
  • Ketika esok paginya, baru dilepas dengan menarik tali kecil tadi.
  • Lakukan cara ini dengan sangat hati-hati untuk menghindari lecet atau rasa sakit ketika memasukkannya ke dalam vagina.
  • Selain itu, bawang putih juga memiliki khasiat untuk mencegah peradangan dan juga infeksi.

2. Cuka Apel atau Cuka dapur (putih)

Cuka apel sudah terkenal sebagai bahan alami untuk perawatan wajah dan juga tubuh. Selain itu, cuka apel juga ternyata mampu membersihkan dan menghilangkan bau yang tidak sedap pada vagina.

Cara yang dapat Anda lakukan menggunakan cuka apel ialah dengan mencampurkan cuka apel dengan air mandi Anda. Lalu, berendam di sana sekitar 20 menit. Setelah itu, konsumsilah air cuka apel setidaknya sehari 2 kali dengan mencampurkan cuka apel dan air minum.

Jika menggunakan cuka dapur/putih adalah menyediakan secangkir cuka putih, kemudian campurkan pada bathtub. Lalu, berendam di sana sekitar 20 menit. Untuk alternatif lainnya tentu Anda bisa menghilangkan bau keputihan dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka putih dengan segelas air dan konsumsi setidaknya sehari 2 kali.

3. Daun Intaran

Jenis daun ini memiliki sifat antimikroba dan dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam vagina. Cara yang dapat Anda lakukan tentu sangat mudah yakni:

  • Menyediakan 10 lembar daun intaran, 1 inci batang kulit pohon intaran dan juga seliter air.
  • Setelah itu, cuci daun hingga bersih dan rendam di dalam seliter air.
  • Kemudian pada keesokan harinya barulah digunakan untuk membasuh vagina.
  • Anda tentunya bisa melakukan perawatan ini setidaknya 2 kali dalam sehari secara rutin.

4. Rebusan daun jambu biji

Selain daun intaran (neem), daun jambu biji juga memiliki khasiat dengan sifat antibakteri dan juga antioksidan. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari daun jambu biji ini yakni :

  • Rebuslah 4-5 lembar daun jambu dengan seliter air hingga berkurang setengahnya.
  • Selain bisa digunakan untuk membasuh vagina, daun jambu biji juga bisa diminum setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Yoghurt

Selain sangat bagus untuk sistem pencernaan, yogurt juga memiliki kandungan yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada vagina. tentunya pilih yoghurt plain / bibit, jangan yang sudah diolah dengan berbagai rasa. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Siapkan tampon kemudian celupkan ke dalam 1-2 sendok yogurt.
  • Setelah itu, Anda bisa mencobanya dengan menyelipkan paga vagina Anda.
  • Kemudian, tinggalkanlah sekitar 1-2 jam.
  • Bersihkan dengan membilasnya dan lakukan cara ini setidaknya sehari 3-4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Daun Sirih

Tidak dapat diragukan lagi bahwasanya daun sirih digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan organ intim. Selain itu, daun sirih memang dapat digunakan untuk membersihkan vagina dan juga menghilangkan bau yang tidak sedap. Cara yang dapat Anda lakukan yakni:

  • Rebus beberapa lembar daun sirih yang telah dirobek-robek kecil sekitar 10 menit.
  • Lalu, angkat dan tunggu sampai terasa suam-suam kuku.
  • Setelah itu, celupkan tampon ke dalam cairan daun sirih tadi.
  • Kemudian, masukkan ke dalam vagina hingga 15 menit sebelum dilepas.
  • Anda tentunya dapat mengulangi langkah ini selama seminggu dan lakukan setiap harinya agar khasiatnya bisa terlihat.

7. Kunyit

Kunyit memang dikenal sebagai anti toksin yang dapat digunakan untuk membersihkan racun dan juga mencegah bakteri dan jamur. Agar lebih mudah tentunya Anda bisa menyiapkan beberapa bubuk kunyit, kemudian ambil 1 sendok teh untuk dicampurkan ke dalam segelas susu. Dengan mengonsumsi secara rutin setiap malam, Anda tentunya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain untuk menghilangkan bau keputihan, Anda tentunya bisa juga menggunakan kunyit sebagai alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan bau tidak sedap yang selanjutnya yakni dengan mengonsumsi air putih. Salah satu penyebab wanita mengalami keputihan yakni kurangnya asupan air putih ke dalam tubuh. Selain itu, kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Anda tentunya dapat meningkatkan asupan air putih setiap harinya yakni antara 2-3 liter agar tubuh tetap sehat dan juga bugar serta terhindar dari berbagai masalah pada kewanitaan.

9. Hindari Makanan Manis

Makanan manis yang Anda konsumsi seperti donat, kue, permen dan juga roti menimbulkan bau yang tidak sedap terlebih ketika sedang keputihan. Jika Anda tidak ingin memperburuk keadaan organ intim karena bau yang tidak sedap, maka alangkah baiknya jika Anda menghindari jenis makanan ini.

10. Ganti Celana Dalam max 8 Jam sekali

Pada umumnya wanita mengganti celana dalam dua kali dalam sehari, namun bagi Anda yang memiliki masalah pada keputihan. Alangkah baiknya Anda mengganti celana dalam setidaknya 3 kali dalam sehari. Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat organ kewanitaan tetap bersih dan juga sehat.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau keputihan secara alami yang tentu sangat mudah untuk Anda sekarang juga. Menjaga kebersihan dan juga kesehatan vagina tentu menjadi hal yang benar-benar harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, menjaga daerah kewanitaan tetap bersih menjadi hal yang penting. Hal ini dikarenakan jika tidak dijaga dan dirawat dengan benar, maka akan menimbulkan beberapa dampak yang tentu akan berbahaya bagi kesehatan organ intim.

Artikel terkait Cara Alami Mengobati Bau Keputihan

  • Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

    Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

    Penyebab bau mulut atau dikenal sebagai Halitosis adalah mulut kering, stress, berpuasa, makanan yang berbau khas dan metabolisme lainnya. Cara...

  • Penyakit Ginekologi: Endometritis

    Penyakit Ginekologi: Endometritis

    Artikel ini membahas mengenai penyakit ginekologi yaitu endometritis. Endometritis adalah peradangan yang terjadi pada endometrium, yakni lapisan terdalam dinding rahim....

  • Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara Mengatasi dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara mengatasi kaki kram dengan meregangkan otot, melenturkan kaki, pegang jari-jari kaki dan tarik ke arah Anda. Berikut upaya pencegahan...

  • Pengertian PAP SMEAR dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pengertian PAP SMEAR dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pap smear adalah Prosedur skrining yang dilakukan seorang wanita untuk test kehadiran sel-sel prakanker atau kanker pada serviks (leher rahim)....

  • Resep & Cara Meracik Madu Untuk Kecantikan Kulit

    Resep & Cara Meracik Madu Untuk Kecantikan Kulit

    Manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Lalu, bagaimana cara meracik madu untuk mempercantik kulit? Pada artikel ini dibahas resep...

Cara Alami Mengobati Bau Keputihan by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Alami Mengobati Bau Keputihan via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status