Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak Pedas

  • 1K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak Pedas yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Ketidaknyaman yang umum dirasakan ibu hamil pada awal kehamilan yaitu mual muntah disertai hilangnya nafsu makan, demi menepis rasa mual tersebut biasanya ibu hamil lebih memilih mengkonsumsi makanan masam atau pedas seperti bakso, seblak, rujak dan makanan pedas lainnya.

Nah, kali ini TipsKesehatan.org akan membahas mengenai bolehkah ibu hamil makan seblak pedas? karena makanan seblak kini merupakan makanan populer yang semakin banyak penggemarnya termasuk ibu hamil, kesegaran kuah pedas seblak mampu mengusir rasa mual bagi ibu hamil yang memakannya. Namun, apakah ibu hamil mengetahui dampak negatif jika terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan seblak pedas? Sebaiknya ibu hamil mengetahui efek negatif apasaja dari makanan pedas tersebut.

Dampak negatif jika terlalu banyak atau sering mengkonsumsi makanan seblak pedas :

1. Kandungan natrium atau garam dapat memicu hypertensi

Kandungan natrium atau garam berlebih yang dikkonsumsi secara kontinyu dapat memberikan efek negatif kepada ibu hamil, cara agar kandungan natrium dalam tubuh berkurang dengan mengencerkan darah melalui proses penyerapan air. Oleh karenanya, harus banyak mengkonsumsi air untuk mengencerkan darah dan mengakibatkan volume darah meningkat sehingga menyebabkan hipertensi. 

2. Bahaya zat pewarna dapat memicu kanker

Bahan pewarna pada makanan sebetulnya masih aman dikonsumsi jika produsen mentaati anjuran penggunaan bahan kimia dengan benar. Seblak identik dengan kerupuk warna-warni nya. Namun kita tidak mengetahui apahah kerupuk yang digunakan pada seblak itu aman dari pewarna bahaya seperti tekstil, telah beredar kabar ada beberapa produsen makanan nakal menambahkan atau mengganti pewarna makanan yang semula aman dengan menggunakan pewarna tekstil agar warna yang dihasilkan lebih cerah dan menarik minat pembeli.

Zat-zat pewarna terlarang ini tentunya sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat bersifat sebagai karsinogen yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada sel tubuh yang sehat. Sebagaimana kita ketahui sampai saat ini tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan kanker. Oleh karenanya, agar lebih aman sebaiknya skip bagian kerupuknya atau minta sedikit saja.

3. Rasa pedas yang terlalu ekstreem dapat menimbulkan berbagai penyakit

Jangan terlalu banyak menambahkan atau memesan cabe karena malah akan menimbulkan berbagai penyakit diantaranya nyeri uluhati, nyeri perut, mual muntah dan diare. Tentu akan menambah ketidaknyamanan pada masa kehamilan.

Ingat segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jangan konsumsi seblak/makanan pedas terlalu sering. Ibu hamil harus selalu hati-hati, dan segera konsultasi dengan dokter kandungan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak Pedas

Temukan informasi dan tips seputar Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak Pedas melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status