Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

  • 442
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Tahukah anda kalau ternyata asap obat nyamuk bakar lebih berbahaya daripada asap rokok? Sebuah penelitian dikemukakan bahwa asap obat nyamuk bakar lebih berbahaya dari asap 100 batang rokok, sungguh mengerikan. Dalam 1 batang rokok saja terdapat 4000 bahan kimia atau toksi dan juga 43 senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Zat aktif berbahaya yang menjadi komposisi obat nyamuk bakar adalah DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) dan propoxur. Zat aktif lainnya yang menjadi bahan pembuatan obat nyamuk adalah transflutrinbioallethrind-allethrincyphenothrin dan praletrhin.

Badan kesehatan dunia bahkan sudah melarang penggunaan zat DDVP sebagai elemen campuran bahan industri karena merupakan racun pembunuh kelas satu yang dapat menyebabkan kerusakan syaraf, gangguan pernapasan dan memicu kanker. Selain itu, Propoxur juga menempati posisi racun kelas dua yang dapat menyebabkan gangguan reproduksi jika digunakan dalam jangka panjang.

Apakah ada tips agar obat nyamuk bisa tetap digunakan mengingat harganya yang murah dan supaya ramah terhadap kesehatan kita?

Ada beberapa cara agar penggunaan obat nyamuk bakar cukup aman bagi kesehatan kita bila digunakan diantaranya:

  1. Gunakan obat nyamuk bakar pada ruangan yang ventilasi nya cukup terbuka. Agar pergantian udara dapat berlangsung cepat dan stabil.
  2. Ikuti petunjuk pemakaian pada kemasan obat nyamuk bakar. 
  3. Gunakan obat nyamuk bakar ini minimal 1,5 meter dari jarak pemakai. Atau gunakan pada sore hari sebelum aktivitas anda melakukan aktivitas malam hari, sehingga bisa dikeluarkan dari ruangan anda atau polusi asap sudah berkurang.
  4. Apabila ingin meletakan dalam kamar, letakkan dibawah ranjang atau simpan di tempat yang lebih rendah dari aktivitas anda seperti lantai.
  5. Jika dalam rumah terdapat penderita asma, gunakan minimal 1 jam sebelum ruangan tersebut akan digunakan.
  6. Hindari untuk membakar obat nyamuk jika dalam rumah terebut terdapat wanita hamil, bayi atau anak-anak. Mereka lebih rentan terkena daripada kita yang sehat.

Jika asap obat nyamuk bakar terhirup dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan gejala serius seperti gangguan pernapasan, gangguan saraf, kerusakan otak, hingga kematian. 

Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

Temukan informasi dan tips seputar Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

  • Obat Hipertensi Juga Dapat Memicu Penyakit Stroke

    Obat Hipertensi Juga Dapat Memicu Penyakit Stroke

    Seseorang dapat divonis hipertensi bila diukur tiga kali berturut-turut selang waktu beberapa hari dengan alat yang sama memberikan hasil yang...

  • Penyakit Ginekologi: Endometritis

    Penyakit Ginekologi: Endometritis

    Artikel ini membahas mengenai penyakit ginekologi yaitu endometritis. Endometritis adalah peradangan yang terjadi pada endometrium, yakni lapisan terdalam dinding rahim....

  • Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Hipertensi merupakan bagian dari gangguan organ jantung yang disebabkan oleh perilaku individu yang kurang menjaga kesehatan. Menurut teori Blum mengatakan...

  • Faktor Pemicu Difteri Dan Komplikasi

    Faktor Pemicu Difteri Dan Komplikasi

    Bagi beberapa orang, difteri bisa merenggut nyawa bahkan setelah diobati sekalipun. Apa saja faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena difteri?...

  • Apa Itu Kanker Darah Myeloma

    Apa Itu Kanker Darah Myeloma

    Apa itu kanker darah myeloma? kanker darah myeloma merupakan kanker sarah pada sel plasma. Sejumlah besar antibodi disfungsional dalam aliran...

DMCA.com Protection Status