Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Arti Puka Puki Dalam Kehamilan

  • 29K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Arti Puka Puki Dalam Kehamilan yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Kata Puka dan Puki dalam pemeriksaan kehamilan pasti sudah tidak asing lagi ditelinga, bahkan orang awam pun akan sering mendengar kata ini saat pemeriksaan kehamilan, baik itu diucapkan oleh Bidan, Dokter atau Asisten Bidan.

Jadi, sebenarnya apa arti kata PUKA dan PUKI dalam kehamilan?

Simple saja jawabannya, Puka adalah punggung Kanan, dan Puki adalah punggung kiri. Hahhh? artinya cuma itu? *pembaca yang penasaran pun tercengang*. Iya memang benar arti kata puka dan puki merupakan singkatan punggung kanan dan kiri. Namun esensi kata Puka dan Puki sangat penting bagi bidan sebagai tolak ukur perkembangan janin dalam kandungan.

Maksud PUKA-PUKI dalam kehamilan

Seperti diketahui sebelumnya bahwa arti Puka dan Puki adalah punggung kanan dan kiri. Maksudnya:

PUKA adalah punggung janin berada tepat pada KANAN perut Ibu hamil.

PUKI adalah punggung janin berada tepat pada KIRI perut Ibu hamil.

Pemeriksaan tersebut didapat melalui palpasi abdomen oleh Bidan, tujuannya untuk menentukan posisi janin dan menemukan DJJ (Denyut Jantung Janin).

Arti Puka Puki Dalam Kehamilan

Temukan informasi dan tips seputar Arti Puka Puki Dalam Kehamilan melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

DMCA.com Protection Status