Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet?

Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet? | Tips Kesehatan

Permen karet adalah sejenis permen yang dikunyah dan memiliki ciri khas menggelembung apabila ditiup, disukai hampir semua anak-anak, rasa dan wanginya manis, teksturnya kenyal.

Orang dewasa juga suka permen karet karena kekenyalannya dapat mengusir jenuh dan beberapa orang berhasil berhenti merokok dengan mengkonsumsi permen karet sebagai gantinya.

Apa bahan utama permen karet?

Bahan dasar permen karet modern adalah karet yang terdiri atas campuran beberapa getah atau damar dan yang terkenal adalah bahan dasar dari Chicle.

Untuk mencari bahan dasar tersebut, perlu pemilihan pohon yang tepat harus diambil dari Pohon Sapodilla yang berusia 20 tahun. Umumnya petani membuat sayatan zig-zag pada kulit pohon dan cairan getah akan mengalir ke tempat yang diletakkan dibawah pohon.

Getah yang terkumpul kemudian disaring, dipanaskan dengan api kecil dan dituang ke dalam cetakan berbentuk kotak-kotak dan dikirim ke pabrik besar. Dipabrik getah yang sudah dipanaskan itu dicampurkan dengan gula dan juga perasa.

Jenis-jenis permen karet:

  1. Gum Balls: berbentuk seperti bola dan dilapisi. Ini adalah paling sering dijual di mesin permen karet.
  2. Bubblegum: dibuat dengan karakteristik agar dapat menghasilkan gelembung ketika ditiup.
  3. Sugarfree gum: dibuat dengan pemanis buatan.
  4. Permen & Gum kombinasi: ditemukan di dalam beberapa jenis permen lolipop.
  5. Center Filled Gum: bola karet yang terbentuk di sekitar pusat permen karet yang lembut atau cair.
  6. Slab Gum Cut & Wrap Gum: merujuk kepada nama mesin yang membungkus permen karet jenis ini, biasanya dalam bentuk bongkahan, kubus, atau bentuk silinder.
  7. Permen Karet fungsional: sebuah permen karet dengan fungsi praktis. Vibe Energy Gum, misalnya, menggunakan permen karet sebagai sistem pengiriman kafeina, ginseng, guarana, dan green tea.
  8. Permen Karet Obat: permen karet yang bertindak sebagai sistem pengiriman untuk menambahkan obat ke dalam air liur, dengan menggunakan cara ini, obat akan lebih cepat masuk ke dalam aliran darah daripada pil.
  9. Permen Karet Bubuk: mengalir bebas dalam bentuk bubuk atau bubuk yang dipadatkan menjadi bentuk yang unik.
  10. Permen Karet Stik: berbentuk persegi panjang, tipis, datar, dan seperti lempengan.

Bahaya mengkonsumsi permen karet :

  1. Mengkonsumsi permen karet secara berlebihan dapat mengganggu fungsi persendian, karena rahang yang dipaksa terus menerus mengunyah.
  2. Kerusakan gigi, karena kandungan gula yang tinggi dalam permen karet akan mengikis email gigi.
  3. Apabila permen karet tertelan akan mengganggu pencernaan menjadi usus buntu atau hal buruk lainnya. dan Permen karet juga akan menurun tingkat kelengketan-nya, dikhawatirkan anak akan tersedak dan menyumbat / menutup kerongkongan anak-anak, karena hal ini cukup berbahaya.

Cara mengatasi permen karet tertelan :

Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet | Dunia Bidan

Cara mengatasi permen karet tertelan:

  1. Coba untuk memuntahkan permen karet, Orang tua bisa melakukan backslap (pukulan pada punggung) agar anak dapat memuntahkan permen karet itu kembali.
  2. kalau tidak berhasil coba Minum air yang banyak. Setidaknya permen karet tersebut tidak terjebak di tenggorokan.
  3. Makan makanan berat untuk mendorong permen karet agar cepat keluar melalui proses BAB.
  4. Ajarkan anak anda untuk mengunyah permen karet dalam waktu ang lama, dan jika sudah tdak terasa manis sebaiknya dibuang saja.
  5. Awasi setiap kali anak jajan atau hendak memakan permen karet, Jangan sampai prmen karet terbawa tidur ditakutkan tertelan dan akan tersedak.

Permen karet tidak bisa dicerna karena ada kandungan lilin dari getah (Bahan utama karet) di dalamnya. Tetapi walaupun sifat permen karet lengket, organ usus tetap dapat melakukan gerakan peristaltik yang mendorong permen karet hingga akhirnya dapat dikeluarkan dari dalam tubuh, meskipun bagi anak-anak membutuhkan waktu yang lama karena organ pencernaan yang kecil.

Bawa anak anda ke Dokter jika mengalami permen karet tertelan. Selalu waspada untuk mengawasi anak anda, karena hal seperti ini sebenarnya dapat dicegah.

Artikel terkait Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet?

  • Penyebab Kepala Bayi Peyang

    Penyebab Kepala Bayi Peyang

    Apa penyebab kepala bayi peyang ? Kepala bayi peyang adalah kondisi bagian kepala bayi datar terjadi karena tengkorak kepala bayi...

  • Rumus Cara Menghitung Taksiran Berat Janin

    Rumus Cara Menghitung Taksiran Berat Janin

    Rumus cara menghitung taksiran berat janin terbagi 2 cara yaitu jika sudah masuk PAP dan belum masuk PAP. Dalam artikel...

  • Bahaya Kejang Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    Bahaya Kejang Pada Anak dan Cara Mengatasinya

    Sebagai orangtua, jika anak mengalami kejang mohon untuk tidak panik, sebab kepanikan akan memberikan efek negatif kepada anak. Coba untuk...

  • Persiapan Barang Bawaan Keperluan Saat Persalinan

    Persiapan Barang Bawaan Keperluan Saat Persalinan

    Persiapan barang bawaan keperluan saat persalinan, Harus menyiapkan 3 tas wajib yaitu untuk ibu, ayah dan bayi. Apa saja barang-barangnya?...

  • Ciri Pubertas Anak Perempuan, Orangtua Wajib Tahu!

    Ciri Pubertas Anak Perempuan, Orangtua Wajib Tahu!

    Ciri Pubertas Anak Perempuan adalah peralihan masa kanak-kanak menjadi remaja, yang ditandai dengan perubahan fisik yang mulai berkembang. Rentang usia...

Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet? by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Apa yang terjadi jika anak menelan permen karet? via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status