Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Apa Itu Kontrasepsi Iud Cara Kerja Dan Efektivitas

  • 7K
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Apa Itu Kontrasepsi Iud Cara Kerja Dan Efektivitas yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Jenis Kontrasepsi temporer (sementara) selanjutnya yang akan dibahas adalah kontrasepsi IUD atau populer disebut KB spiral, IUD ini merupakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) namun termasuk jenis kontrasepsi temporer (sementara) karena ibu akseptor KB IUD dapat mendapatkan kesuburannya lagi dan hamil kembali setelah masa aktif IUD habis dan telah dilepas. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang IUD, apa itu IUD, cara kerja IUD dan efektivitas IUD.

Apa itu Kontrasepsi IUD?

IUD merupakan singkatan dari IntraUterine Device yang artinya alat yang dimasukan dalam rahim atau disebut juga AKDR yang merupakan singkatan dari Alat Kontrasepsi Dalam Rahim.

Pengertian IUD adalah perangkat kontrasepsi berukuran kecil yang dimasukkan ke dalam rahim berbentuk 'T'. Alat kontrasepsi IUD terdiri dari 2 macam yaitu: IUD tembaga dan IUD hormonal.

  • IUD tembaga (Cu, Copper) merupakan jenis IUD yang diselimuti tembaga, bisa digunakan hingga 10 tahun dan merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang paling banyak digunakan.
  • IUD hormonal merupakan jenis IUD polos yang berisi hormon jenis progestin yakni levonorgestrel. Masa aktif IUD hormonal ini 3-5 tahun tergantung merk.

IUD tembaga diciptakan terlebih dahulu, sedangkan IUD yang berisi hormonal adalah IUD paling baru dan memiliki formula menurunkan kejadian perdarahan yang umumnya terjadi lebih lama ketika IUD sudah terpasang.

Cara Kerja IUD tembaga dan IUD hormonal

Cara Kerja IUD tembaga dan IUD hormonal - TipsKesehatan.org

Cara kerja IUD tembaga yang diselimuti tembaga mengandung tembaga yang akan membunuh sp3rm4 ketika memasuki rahim untuk melakukan pembuahan, sedangkan cara kerja IUD hormonal polos yang mengandung hormonal levonorgestrel merupakan IUD tipe baru dan memiliki yang sama dengan IUD tembaga yaitu mencegah sp3rm4 untuk membuahi sel telur dengan mengubah cairan serviks lebih kental, menipiskan lapisan rahim, dan dalam beberapa kasus menghentikan ovulasi.

Efektivitas KB spiral: IUD tembaga dan IUD hormonal

Efektivitas KB spiral: IUD tembaga dan IUD hormonal

Kedua jenis IUD ini sangat efektif dalam mencegah kehamilan, bersifat kontrasepsi jangka panjang sehingga anda tidak harus mengingat setiap hari dan tidak perlu pengulangan tiap bulan. Akseptor KB IUD hanya berkunjung ke dokter/Bidan ketika merasakan keluhan saja.

dr Hari mengungkapkan, angka kegagalan IUD tembaga sekitar 0,52 per 1.000 pemakai. Sedangkan, angka kegagalan pada IUD hormonal yaitu 0,06 per 1.000 pemakai. Selama beberapa tahun, hanya 1 dari 100 pasangan yang menggunakan IUD telah mengalami kehamilan itupin karena IUD tidak terpasang dengan baik dan telah keluar sendiri dari rahim.

Apabila dulu pernah memakai IUD tembaga tapi merasa risih dengan efek sampingnya seperti perdarahan lama, atau tidak membaik setelah pemakaian obat, maka sebaiknya menggunakan IUD tipe hormonal. Disarankan untuk memasang IUD ditempat dokter atau Bidan terlatih agar meminimalisir kejadian IUD terlepas sendiri.

Sayangnya. harga IUD hormonal relatif lebih mahal 10 kali lipat dari IUD berlapis tembaga. Namun jika dihitung dengan jangka 5 tahun sebenarnya hampir sama dengan jenis KB bulanan. Jika anda memiliki uang lebih dan ingin menggunakan kontrasepsi spiral, lebih baik memilih IUD polos berlapis hormonal karena memiliki efek samping yang lebih rendah.

Apa Itu Kontrasepsi Iud Cara Kerja Dan Efektivitas

Temukan informasi dan tips seputar Apa Itu Kontrasepsi Iud Cara Kerja Dan Efektivitas melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Apa Itu Kontrasepsi Iud Cara Kerja Dan Efektivitas

DMCA.com Protection Status