Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Apa Itu Kista Ovarium Gejala Dan Pencegahan

  • 189
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Apa Itu Kista Ovarium Gejala Dan Pencegahan yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Kista ovarium adalah Kantong yang berisi cairan yang tumbuh baik didalam atau diluar ovarium (Indung telur). Biasanya akan pulih dalam beberapa bulan, namun jika tidak membaik maka akan menimbulkan beberapa komplikasi seperti Torsi ovarium, yaitu kondisi ketika kista yang membesar membuat ovarium berputar atau bergerak, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, komplikasi lain yang dapat ditimbulkan kista ovarium adalah pecahnya kista. Jika kista ovarium pecah, akan timbul nyeri hebat dan perdarahan.

Gejala yang dirasakan penderita kista ovarium adalah:

  • Merasakan gangguan ketika haid
  • Sakit kandung kemih dan juga
  • Nyeri spontan saat melakukan hubungan seksual.

Anda harus segera mengetahui gejala-gejala yang mungkin saja dianggap biasa tapi ternyata dapat memicu kista ovarium. Mengingat kista ovarium akan menyebar jika kista bersifat ganas pada keadaan kanker ovarium.

Anda bisa mengenali kista yang bersifat ganas dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Setelah dilakukan serangkaian test (USG) dan ternyata di temukan kista yang berkembang ke arah yang cepat membesar , kista yang memiliki dinding yang tebal juga tidak berurutan, biasanya kista berbentuk padat dan berada di area ovarium.

Anda juga harus waspada bila mengalami gejala-gejala seperti berikut :

1.  Perut terasa kembung ,penuh dan berat
2.  Merasa kandung kemih anda tertekan sehingga sulit buang air kecil
3.  Siklus menstruasi anda tidak teratur
4.  Nyeri di sekitar panggul , biasanya menetap atau sesekali yanng menyebar ke panggung bawah dan paha
5.  Nyeri ketika anda bersenggama
6.  Payudara mengeras
7.  Mual hingga ingin muntah

Pencegahan Kista Ovarium

Setelah Anda membaca tanda gejala kista ovarium, Anda jangan terburu-buru memvonis diri anda mengidap penyakit kista ovarium karena menemukan gejala yang sama. Penegakan diagnosis ini hanya dokter kandungan yang memutukan setelah Anda melakukan serangkaian pemeriksaan khusus  yang dapat membuat anda mengetahui apakah anda akan berpotensi kista jinak atau kista yang memicu bahaya untuk kesehatan. Beberapa kasus ditemukan bahwa wanita yang telah mengalami kerusakan alat-alat reproduksi baru berkonsultasi dengan dokter. Oleh karena itu disarankan untuk anda melakukan upaya pencegahan sebagai berikut :

  • Lakukan pemeriksaan klinis genekologik, hal ini dapat membantu anda mengetahui perkembangan kista ovarium
  • Pemeriksaan USG dengan alat doppler untuk mendeteksi aliran darah
  • Dilakukan pemeriksaan tumor marker
  • Pemeriksaan CT-Scan ataupun MRI jika dibutuhkan

Penanganan Kista Ovarium bisa dilakukan melalui Observasi atau Operasi. Observasi dilakukan pada kista fungsional.  Sedangkan tindakan operasi akan dilakukan bila : Kista sudah besar (ukuran 8 cm atau lebih), disertai keluhan seperti nyeri hebat atau nyeri perut disertai demam. Bila terdapat gejala seperti diatas ditakutkan terjadi kista yg terpuntir, kista pecah atau kista terinfeksi sehingga perlu penanganan segera.

Dengan kemajuan teknologi saat ini tindakan operasi bisa dilakukan melalui sayatan kecil di perut namanya operasi memakai alat Laparoskopi. Kista yang berukuran di bawah 8 cm bisa dioperasi dengan menggunakan laparaskopi.

Apa Itu Kista Ovarium Gejala Dan Pencegahan

Temukan informasi dan tips seputar Apa Itu Kista Ovarium Gejala Dan Pencegahan melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Penyakit Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan asam pada lambung sehingga terjadi luka iritasi atau peradangan pada lambung....

  • Perbedaan Penyebab Asma Dan Bronkitis

    Perbedaan Penyebab Asma Dan Bronkitis

    Penyakit Asma dan Bronkitis meskipun sama-sama jenis gangguan pernapasan, namun Gejala serta penyebabnya berbeda loh, dan berbeda pula penanganannya. Setelah...

  • Cara Membedakan Keputihan Normal Dan Tidak Normal

    Cara Membedakan Keputihan Normal Dan Tidak Normal

    Keputihan atau Fluor Albus merupakan cairan yang keluar dari organ vital wanita. Keputihan dibagi menjadi keputihan normal dan keputihan abnormal/tidak...

  • Jenis Pembalut Wanita

    Jenis Pembalut Wanita

    Pembalut merupakan barang wajib bagi wanita yang pasti akan digunakan setiap periode ketika menstruasi atau pasca melahirkan/keguguran. Jenis pembalut :...

  • 6 Tanda Kesehatan Ketiak Anda Bermasalah

    6 Tanda Kesehatan Ketiak Anda Bermasalah

DMCA.com Protection Status