Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Apa Itu Kanker Darah Limfoma

  • 503
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Apa Itu Kanker Darah Limfoma yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Limfoma merupakan kanker darah pada sistem limfatik. Kanker limfoma adalah kanker yang dimulai pada sel-sel yang melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh, yang disebut limfosit. Limfoma dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi itu adalah salah satu penyebab paling umum kanker pada anak-anak dan remaja berusia 15 hingga 24 tahun. Ini sering dapat diobati dan pandangannya dapat bervariasi tergantung pada jenis limfoma dan stadiumnya.

Sama-sama kanker darah, kanker darah limfoma dan kanker darah leukimia berbeda, masing-masing kanker ini dimulai pada jenis sel yang berbeda. Jika limfoma dimulai pada limfosit yang melawan infeksi. Leukemia dimulai pada sel pembentuk darah di dalam sumsum tulang.

Dokter mengklasifikasikan lebih dari 70 jenis kanker sebagai limfoma. Limfoma dapat memengaruhi bagian mana pun dari sistem limfatik, termasuk sel-sel yang berada pada kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian tubuh lainnya. Cairan getah bening mengandung sel darah putih penangkal infeksi. Kelenjar getah bening bertindak sebagai filter, menangkap dan menghancurkan bakteri dan virus untuk mencegah infeksi menyebar. Ketika Anda menderita limfoma, limfosit berubah dan tumbuh di luar kendali.

Dokter biasanya membagi limfoma menjadi dua kategori: limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin (NHL). Seorang dokter dapat mengetahui perbedaan antara limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin dengan memeriksa sel-sel kanker di bawah mikroskop.

Perbedaan jenis limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin:

1. Limfoma Hodgkin

  • Jika dalam memeriksa sel, dokter mendeteksi adanya jenis sel abnormal tertentu yang disebut sel Reed-Sternberg, yang merupakan sel B matang yang menjadi ganas, berukuran sangat besar, dan membawa lebih dari satu nukleus.
  • Tanda pertama penyakit ini adalah seringnya kelenjar getah bening membesar.
  • 32% pasien yang didiagnosis dengan limfoma Hodgkin berusia 20-34 tahun. Usia rata-rata pasien yang didiagnosis dengan penyakit ini adalah 39 tahun.

  • Limfoma Hodgkin jarang terjadi, terhitung sekitar 0,5 % dari semua kanker baru yang didiagnosis. Diperkirakan 8.500 kasus didiagnosis pada tahun 2016.

  • Lebih dari 86% pasien yang didiagnosis dengan limfoma Hodgkin bertahan hidup lima tahun atau lebih.

2. Limfoma Non-Hodgkin

  • Jika sel Reed-Sternberg tidak ada, limfoma diklasifikasikan sebagai non-Hodgkin. Limfoma non-Hodgkin dapat berasal dari sel B atau sel T dan dapat timbul di kelenjar getah bening serta organ lain. (Sel B dan sel T memainkan peran berbeda dalam respons imun tubuh terhadap penyakit.)
  • 75% pasien yang didiagnosis dengan limfoma Hodgkin usia 55 tahun atau lebih tua. Usia rata-rata pasien yang didiagnosis dengan penyakit ini adalah 66 tahun
  • Limfoma non-Hodgkin adalah kanker ketujuh yang paling banyak didiagnosis, terhitung sekitar 72.500 kasus pada tahun 2016.
  • Sekitar 70 persen pasien yang didiagnosis dengan limfoma non-Hodgkin bertahan hidup lima tahun atau lebih.

Jenis limfoma Anda membantu dokter menentukan prognosis dan pilihan perawatan Anda. Jenis-jenis limfoma memiliki perjalanan penyakit yang sangat berbeda dan pilihan perawatan yang berbeda pula, sehingga diagnosis yang akurat adalah bagian integral dari mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan.

Apa Itu Kanker Darah Limfoma

Temukan informasi dan tips seputar Apa Itu Kanker Darah Limfoma melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Apa Itu Kanker Darah Limfoma

  • Cara Mengatasi Dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara Mengatasi Dan Mencegah Kaki Kram Saat Tidur

    Cara mengatasi kaki kram dengan meregangkan otot, melenturkan kaki, pegang jari-jari kaki dan tarik ke arah Anda. Berikut upaya pencegahan...

  • Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Fakta Hubungan Perokok Dengan Kejadian Hipertensi

    Hipertensi merupakan bagian dari gangguan organ jantung yang disebabkan oleh perilaku individu yang kurang menjaga kesehatan. Menurut teori Blum mengatakan...

  • Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

    Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

    Tahukah anda kalau ternyata asap obat nyamuk bakar lebih berbahaya daripada asap rokok? Badan kesehatan dunia bahkan sudah melarang penggunaan...

  • Pengertian Pap Smear Dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pengertian Pap Smear Dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pap smear adalah Prosedur skrining yang dilakukan seorang wanita untuk test kehadiran sel-sel prakanker atau kanker pada serviks (leher rahim)....

  • Gejala Dan Penyebab Osteoporosis

    Gejala Dan Penyebab Osteoporosis

    Osteoporosis adalah suatu kondisi berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi keropos dan lemah. Gejala Osteoporosis : Nyeri Punggung, tubuh membungkuk,...

DMCA.com Protection Status