Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Apa Itu Kanker Darah Leukemia

  • 514
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang Apa Itu Kanker Darah Leukemia yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Leukemia berasal dari bahasa yunani "Leucos" yang memiliki arti putih dan "aima" yang memiliki arti darah, Leukemia berarti darah putih. Leukemia adalah jenis kanker yang ditemukan dalam darah dan sumsum tulang Anda dan disebabkan oleh produksi cepat sel darah putih abnormal.

Pada orang normal sel-sel darah putih akan berkembang secara normal dan dipergunakan tubuh jika terjadi luka agar tidak menjadi infeksi. Namun bagi penderita kanker darah, sel normal dalam sumsum tulang akan digantikan oleh sel darah putih yang abnormal. Jika telah menumpuk atau jumlahnya terlalu banyak maka dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Jenis/klasifikasi kanker darah (Leukemia)

Leukemia dapat bersifat akut atau kronis. Leukemia kronis berkembang lebih lambat daripada leukemia akut, yang membutuhkan penanganan segera. Leukemia juga diklasifikasikan sebagai limfositik atau myelogenous. Leukemia limfositik mengacu pada pertumbuhan sel abnormal pada sel sumsum yang menjadi limfosit, sejenis sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Pada leukemia myelogenous, pertumbuhan sel abnormal terjadi pada sel sumsum yang matang menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Berikut jenis kanker darah Leukemia pada tubuh manusia:

  • Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)
  • Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)
  • Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)
  • Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

Kanker darah jenis ALL ini umumnya ditemukan pada anak-anak, tapi bisa juga menyerang dewasa. ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi serius. 

Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Jenis kanker darah AML ini umumnya menyerang dewasa. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah CLL umumnya baru akan terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala untuk waktu yang lama, biasanya ditemukan oleh orang dewasa. 

Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Jenis kanker darah CML kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan usia di atas 20 tahun. CML memiliki dua tahap.Tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan, namun ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurunkan kesehatan secara drastis.

Leukemia biasanya dianggap sebagai kondisi anak-anak, tetapi sebenarnya mempengaruhi lebih banyak orang dewasa dan umumnya menyerang pria lebih banyak daripada wanita, dan lebih banyak pada orang kulit putih daripada orang Afrika-Amerika.

Sebenarnya tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah leukemia. Ini adalah kanker sel darah yang disebabkan oleh peningkatan jumlah sel darah putih di tubuh Anda. Mereka mengeluarkan sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan tubuh, semua sel darah putih yang jumlahnya terlampau banyak menjadi tidak berfungsi dengan baik dan itu menyebabkan masalah.

Apa Itu Kanker Darah Leukemia

Temukan informasi dan tips seputar Apa Itu Kanker Darah Leukemia melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel terkait Apa Itu Kanker Darah Leukemia

  • Perbedaan Gejala Asma Dan Bronkitis

    Perbedaan Gejala Asma Dan Bronkitis

    Meskipun memiliki beberapa gejala yang sama, namun batuk pada bronkhitis dan asma berbeda. Jika Anda mengalami bronkhitis, batuk akan menghasilkan...

  • Pengertian Pap Smear Dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pengertian Pap Smear Dan Frekuensi Pemeriksaan

    Pap smear adalah Prosedur skrining yang dilakukan seorang wanita untuk test kehadiran sel-sel prakanker atau kanker pada serviks (leher rahim)....

  • Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

    Bahaya Asap Obat Nyamuk Bakar Bagi Kesehatan

    Tahukah anda kalau ternyata asap obat nyamuk bakar lebih berbahaya daripada asap rokok? Badan kesehatan dunia bahkan sudah melarang penggunaan...

  • Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

    Penyakit Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan asam pada lambung sehingga terjadi luka iritasi atau peradangan pada lambung....

  • Rasa Sakit Di Payudara Apakah Itu Normal

    Rasa Sakit Di Payudara Apakah Itu Normal

    Ngerasa gak sih kalau kadang-kadang kita ngerasain sakit di bagian dada atau wilayah payudara? Apakah sakit pada payudara itu normal?...

DMCA.com Protection Status