Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

Apa itu Hamil Anggur? Macam Jenis Molahidatidosa (Hamil Anggur)

Apa itu Hamil Anggur? Macam Jenis Molahidatidosa (Hamil Anggur) | Tips Kesehatan

Apa itu Hamil Anggur?

Hamil anggur (Molahidatidosa) adalah Kelainan pada kehamilan dimana bakal janin tidak terbentuk melainkan jaringan trofoblas pada plasenta yang berkembang secara berlebihan yang disertai dengan degenerasi kistik villi serta perubahan hidropik.

Istilah hamil anggur ini tercipta karena jaringan tersebut mirip dengan sekelompok buah anggur. Penyebab kehamilan molahidatidosa ini belum diketahui pasti, namun diduga karena kekurangan gizi dan usia wanita hamil yang relatif muda. Hamil anggur banyak ditemukan pada perempuan yang berusia muda dan pada kehamilan pertama.

Macam Jenis Molahidatidosa (Hamil Anggur)

Ada 2 macam kelainan yaitu Molahidatidosa Komplit dan Molahidatidosa Parsial.

1. Molahidatidosa Klasik (Komplit / Lengkap)

Molahidatidosa Komplit - TipsKesehatan.org

Molahidatidosa komplit yaitu kehamilan mola dengan hasil pembuahan yang tidak normal, tidak terdapatnya mudigah (embrio) ataupun janin (fetus), maupun tali pusat, dan selaput amnion.

Villi korealis diubah menjadi masa gelembung-gelembung bening yang besarnya berbeda-beda dan dapat tumbuh membesar sampai mengisi uterus yang besarnya sama dengan kehamilan normal lanjut.

2. Molahidatidosa Parsial / Sebagian

Molahidatidosa Parsial - TipsKesehatan.org

Molahidatidosa Parsial yaitu kehamilan mola yang terdapat mudigah atau janin baik hidup ataupun mati, tali pusat dan selaput amnion.

Angka kematian yang diakibatkan oleh kehamilan Molahidatidosa berkisar antara 2,2% – 5,7% (Prawirohardjo, 2009). Untuk penatalaksanaan pada Molahidatidosa itu sendiri dibagi menjadi tiga tahap yaitu:

  • Perbaikan keadaan umum ibu,
  • Pengeluaran jaringan mola dengan cara  Kuretase atau Histerektomi, dan
  • Pemeriksaan tindak lanjut atau pemantauan pasca tindakan

Follow up atau kontrol pasca tindakan kuretase atau histerektomi dilakukan selama 12 bulan, dengan mengukur kadar β-HCG dan mencegah kehamilan selama 1 tahun.

Untuk mengingat perbedaan keduanya, pada kejadian Molahidatidosa komplit tidak ditemukan janin, sedangkan pada kehamilan molahidatidosa parsial terdapat janin hidup/mati, talipusat dan selaput ketuban.

Artikel terkait Apa itu Hamil Anggur? Macam Jenis Molahidatidosa (Hamil Anggur)

  • Perkembangan Janin Usia 9 Bulan (36-40 Minggu)

    Perkembangan Janin Usia 9 Bulan (36-40 Minggu)

    Perkembangan janin usia 9 bulan terjadi pematangan organ yang belum matang, tidak banyak mengalami pertumbuhan karena ruang rahim sudah penuh...

  • Tanda Janin Tidak Berkembang

    Tanda Janin Tidak Berkembang

    Apa sih tanda janin tidak berkembang itu? Apakah akan membahayakan ibu dan janin dalam kandungan? Simak penjelasan mengenain tanda gejala...

  • Perawatan Gigi Ibu Hamil dan Gigi Bayi Dalam Kandungan

    Perawatan Gigi Ibu Hamil dan Gigi Bayi Dalam Kandungan

    perawatan gigi ibu hamil dianjurkan untuk menyikat gigi dan flossing setiap hari dan rutin periksa kesehatan gigi, mengkonsumsi suplemen dan...

  • Ketuban Pecah Dini (KPD)

    Ketuban Pecah Dini (KPD)

    Apa itu Ketuban pecah dini (KPD) atau premature rupture of membranes (PROM) adalah kondisi membran selaput ketuban pecah sebelum memasuki...

  • Bolehkah Ibu Hamil Bepergian?

    Bolehkah Ibu Hamil Bepergian?

    Kondisi hamil tidak akan memundurkan keinginan seorang traveller untuk bepergian, namun bolehkan ibu hamil bepergian? Kapan waktu yang diperbolehkan untuk...

Apa itu Hamil Anggur? Macam Jenis Molahidatidosa (Hamil Anggur) by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang Apa itu Hamil Anggur? Macam Jenis Molahidatidosa (Hamil Anggur) via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status