Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya | Tips Kesehatan

Jerawat umum terjadi kepada siapa saja baik tua maupun muda, laki-laki atau perempuan. Banyak sekali macam-macam jerawat yang sering muncul pada wajah, berbeda jenis jerawat beda pula cara mengatasinya. Ada jerawat yang disebabkan oleh hormonal, keturunan, makanan, dan gaya hidup. Yuk kenali lebih jauh jenis jerawat dan cara mengatasinya.

Jenis Jerawat dan cara mengatasinya

1. Jerawat Whitehead (Komedo Putih)

Jenis jerawat ini timbul karena lapisan kulit mati menyumbat pori-pori yang disebabkan oleh sel kulit mati, minyak berlebih, perubahan hormonal, pubertas, dan penggunaan kosmetik pada wajah. Biasanya muncul disekitar hidung, dahi dan dibawah bibir.

Cara membersihkan jerawat whitehead adalah dengan mencuci wajah secara rutin pada pagi dan malam hari dan jangan pernah memencet jerawatnya.

2. Jerawat Blackhead (Komedo Hitam)

Hampir sama dengan whitehead, jenis jerawat ini juga disebabkan oleh pori-pori tersumbat, hanya saja menjadi berwarna hitam karena pori-pori yang tersumbat dibiarkan terbuka dan terpapar udara.

Cara membersihkan jerawat blackhead adalah dengan menggunakan retinol atau obat retinoid yang lebih kuat untuk membersihkan penyumbatan sel-sel kulit mati di kulit. Namun, bila ingin hasil yang lebih maksimal sebaiknya proses perawatan diserahkan kepada ahli kulit profesional.

3. Jerawat Papula (Bakal jerawat)

Papula adalah benjolan kecil berwarna merah serupa ruam-ruam pada kulit saat terjadi kelebihan minyak, bakteri, dan sel kulit mati terdorong lebih dalam ke dalam kulit sehingga menyebabkan peradangan (kemerahan dan pembengkakan).

Untuk membersihkan jerawat papula, cobalah mencuci wajah dua kali sehari dengan mencuci muka yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Akan membantu jika kamu mengompresnya dengan handuk hangat sebelum mencuci wajah. Biasanya ini efektif mengeringkan papula.

4. Jerawat Pustula (Jerawat nanah)

Jenis jerawat ini mirip dengan papula, yang membedakan adalah jerawat pustula tidak hanya benjol kemerahan tapi berisi cairan atau nanah pada kulit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri pada pori-pori kulit.

Cara mengobati jerawat pustule adalah dengan mencuci wajah dengan produk pembersih jerawat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Tahan godaan untuk tidak memencetnya. Karena mungkin akan memicu komplikasi jika sering memencet jenis jerawat ini.

5. Jerawat Cystic

Jerawat kistik timbul karena adanya perubahan hormon, biasanya dialami oleh remaja yang sedang pubertas, biasanya berukuran sangat besar dengan warna merah atau putih dan terasa sakit saat disentuh. Pembentukan jerawat satu ini bisa menyebabkan infeksi parah pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu perlu bantuan dokter.

6. Jerawat Nodul

Jenis jerawat nodul hampir sama dengan jerawat kistik, oleh karena itu memerlukan tangan ahli dan profesional untuk menyembuhkannya. sebab jerawat nodul bisa bertahan lama pada wajah jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

7. Jerawat Hormonal 

Jerawat hormonal muncul karena adanya minyak berlebih akibat hormonal dan menyebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Umunya terjadi pada perempuan terutama bagi mereka yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih pil kontrasepsi yang dapat menyeimbangkan kadar hormon sehingga mampu membersihkan kulit, misalnya dengan menggunakan obat co-cyprindiol untuk mengatur keseimbangan hormon tubuh.

Nah, Itulah beberapa jenis jerawat yang umum terjadi pada wajah. Beberapa ada yang dapat disembuhkan sendiri, ada juga jerawat yang harus disembuhkan oleh tenaga ahli dan profesional.

Artikel terkait 7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

  • Penyebab Jerawat pada Wajah

    Penyebab Jerawat pada Wajah

    Jerawat sering mengganggu penampilan terutama ketika muncul pada wajah sering membuat anda merasa nyeri sekitar wajah serta memberikan bekas yang...

  • Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare

    Perbedaan AHA BHA PHA Bahan Skincare

    Perbedaan AHA, BHA, dan PHA, merupakan tiga jenis asam hidroksi (hydroxy acids) yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan, perawatan...

  • Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat

    Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami dan Obat

    Cara Menghilangkan Selulit (Obat-obatan) dengan krim kulit yang mengandung Kafein, Retinol, Tretinoin, Ekstrak kolagen dan Centella asiatica. Sedangkan Cara Menghilangkan...

  • Tips Sederhana Agar Wajah Bersih Bersinar

    Tips Sederhana Agar Wajah Bersih Bersinar

    Kecantikan kulit wajah bersih bersinar mungkin terkadang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, tapi tips cara sederhana ini dapat anda...

7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya by Fian Rubianti Am.Keb
Anda sedang membaca materi artikel tentang 7 Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya via TipsKesehatan.org yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

DMCA.com Protection Status