Informasi Seputar Kesehatan • TipsKesehatan.org

6 Tanda Kesehatan Ketiak Anda Bermasalah

  • 153
Anda sedang membaca materi artikel yang membahas tentang 6 Tanda Kesehatan Ketiak Anda Bermasalah yeng diterbitkan di TipsKesehatan.org. jika Anda suka dengan Artikel atau Video ini silahkan like, bagikan, atau komentar.

Ketiak tidak terlalu seksi untuk ditonjolkan, bahkan sebagian orang tidak terlalu percaya diri jika memperlihatkan bagian ketiaknya. Namun satu-satunya perhatian yang biasanya mereka dapatkan adalah bagaimana menjaganya agar tidak terlalu berbau atau bagaimana cara mencukurnya untuk menghindari kulit ketiak menjadi gelap. Tetapi ketika itu terjadi, itu bisa menjadi kesalahan karena kesehatan ketiak sebenarnya dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Detail seperti penampilan, bau, dan bahkan seberapa banyak Anda berkeringat, semuanya penting dalam keseluruhan cerita kesehatan Anda. Tentu saja, tidak ada yang membantu kecuali Anda tahu apa sebenarnya arti indikator ketiak yang berbeda.

6 Tanda Kesehatan Ketiak Bermasalah

1. Ruam merah dan gatal bisa jadi tanda eksim

Howard Sobel, MD, seorang dokter kulit dan pendiri Sobel Skin, mengatakan ruam ketiak dapat terjadi karena beberapa alasan berbeda (selain luka bakar karena pisau cukur). Salah satunya adalah ruam yang dimaksud bisa jadi eksim. “Eksim umumnya ditemukan di lipatan tubuh, seperti ketiak,” katanya. " Eksim biasanya berwarna merah dan gatal serta dapat mengeras. Jika Anda melihat hal ini terjadi di area ketiak, ini bisa membuat Anda mencari tempat lain, seperti di belakang lutut atau siku. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksa ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan ahli.

2. Ruam juga bisa menandakan alergi

Dr. Sobel mengatakan alasan lain mengapa ruam bisa terjadi adalah karena iritasi dari bahan dalam deodoran, pewangi, sabun mandi, atau apa pun yang bersentuhan langsung dengan ketiak Anda. Dia mengatakan jenis ruam ini terlihat mirip dengan eksim (merah dan gatal), tetapi biasanya tidak mengeras dan juga tidak terjadi di tempat lain di tubuh Anda. Jika Anda mengganti rutinitas produk kecantikan Anda dengan sesuatu yang baru dan kemudian mengalami ruam ketiak, berarti produk baru Anda dapat mengiritasi tubuh atau Anda berpotensi memiliki alergi.

3. Bengkak, gatal, dan bersisik bisa menandakan infeksi jamur

Infeksi jamur tidak hanya terjadi di area kewanitaan. Dokter Lisa Koche, MD, mengatakan hal itu bisa terjadi di bawah lengan Anda, yang bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda memproduksi ragi secara berlebihan. “Seseorang lebih rentan terhadap infeksi jamur jika mereka memiliki banyak gula dalam makanannya,” katanya. Pertumbuhan jamur tersebut dapat memburuk saat cuaca panas atau pakaian ketat. Selain itu, kebersihan yang buruk juga dapat menyebabkan tubuh menumbuhkan jamur di ketiak.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa solusi mudah yang akan menghentikan pertumbuhan jamur di ketiak sejak awal, yaitu dengan mengoleskan krim atau tea tree oil secara topikal. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan infeksi jamur Anda dan menjalani pengobatannya.

4. Berkeringat berlebihan bisa menjadi tanda jalur neurologis yang terlalu aktif

Selain penampilan, seberapa banyak Anda berkeringat adalah petunjuk kesehatan ketiak lainnya. Keringat berlebihan, yang dikenal sebagai hiperhidrosis, biasanya dapat diketahui secara spontan karena mereka banyak berkeringat. Dr. Koche menambahkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan hiperhidrosis karena dapat dengan mudah diobati jika Anda ke dokter.

Jika Anda menyukai makanan pedas, alkohol, dan juga mudah stres, cobalah untuk selalu memeriksanya dan batasi asupannya jika Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, karena dapat menyebabkan keringat berlebih.

5. Bau yang tidak enak bisa menjadi indikator bahwa pH Anda mati

Dr. Koche menekankan bahwa bau ketiak itu normal, sebab tidak ada aroma mawar pada ketiak kecuali Anda memkai deodorant. Bau ketiak terjadi saat keringat bersentuhan dengan bakteri di kulit. Anda bisa mencium lebih banyak aroma asam jika memiliki lebih banyak bakteri. Hal ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan tingkat pH, yang bisa disebabkan oleh terlalu banyak bakteri "jahat" di dalam usus. Jika akhir-akhir ini Anda berbau funky, itu bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dalam usus Anda.

6. Perubahan bau bisa menjadi tanda Anda mengalami dehidrasi

Dr Koche mengatakan dehidrasi juga dapat menyebabkan bau ketiak menjadi lebih kuat. Penting untuk mengisi kembali tubuh dengan air yang hilang melalui keringat. Bau yang lebih kuat bisa jadi karena kemeja yang Anda kenakan terlalu ketat, sehingga kulit ketiak tidak cukup bernapas, dan tidak ada sirkulasi yang baik karena bakteri terperangkap.

Meskipun semua info ini dapat membantu, Namun Anda disarankan untuk menemui dokter kulit jika mengalami beberapa masalah dengan kulit ketiak Anda, sebab pada sebagian kasus hanya dapat disembuhkan oleh tenaga profesional.

6 Tanda Kesehatan Ketiak Anda Bermasalah

Temukan informasi dan tips seputar 6 Tanda Kesehatan Ketiak Anda Bermasalah melalui website TipsKesehatan.Org. Berbagai tips kesehatan bisa juga anda simak melalui konten artikel dan video.

Artikel Terkait

  • Pencegahan Dan Pengobatan Osteoporosis

    Pencegahan Dan Pengobatan Osteoporosis

    Pencegahan dan pengobatan osteoporosis, Jika hasil diagnosis menunjukkan Anda memiliki pengeroposan tulang, dokter akan meresepkan obat-obatan, perubahan gaya hidup, serta...

  • Apa Itu Difteri Penyebab Gejala Penularan Dan Mengobati

    Apa Itu Difteri Penyebab Gejala Penularan Dan Mengobati

    Apa Itu Difteri? infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium, Tanda gejala paling menonjol pada tenggorokan terdapat selaput berwarna abu, penularan...

  • Obat Hipertensi Juga Dapat Memicu Penyakit Stroke

    Obat Hipertensi Juga Dapat Memicu Penyakit Stroke

    Seseorang dapat divonis hipertensi bila diukur tiga kali berturut-turut selang waktu beberapa hari dengan alat yang sama memberikan hasil yang...

  • Cara Alami Mengobati Bau Keputihan

    Cara Alami Mengobati Bau Keputihan

    Cara untuk membersihkan bau keputihan tentunya bisa juga dengan cara yang alami dimana menjadi cara yang paling aman untuk dilakukan....

  • Penyakit Ginekologi: Endometritis

    Penyakit Ginekologi: Endometritis

    Artikel ini membahas mengenai penyakit ginekologi yaitu endometritis. Endometritis adalah peradangan yang terjadi pada endometrium, yakni lapisan terdalam dinding rahim....

DMCA.com Protection Status